PEMESANAN BUKU : Omo Uma Ume Omah

by

OMO UMA UME OMAH, Jelajah Arsitektur Nusantara yang Belum Usai
ditulis oleh Josef Prijotomo

Editor : Josephine Roosandriantini

Tongkonan, Tambi, Mbaru niang, Lopo maupun Ume kbubu adalah arsitektur Nusantara; akan tetapi mereka itu adalah arsitektur tradisional. Saka Guru, Pongga Bokolo dan Tonggak Tuo adalah bagian bangunan yang ada di arsitektur tradisional; akan tetapi mereka juga adalah bagian bangunan dari arsitektur Nusantara. Meskipun bangunan dan bagian-bagian bangunan itu sama-sama arsitektur tradisional dan arsitektur Nusantara, akan tetapi jelas-jelas arsitektur tradisional bukan arsitektur Nusantar. Ya, sebagai barang, benda atau obyek maka lingkung bina, bangunan dan bagian-bagian bangunan adalah sama-sama arsitektur tradisional dan arsitektur Nusantara. Pengetahuan mengenai mereka itulah yang membuat arsitektur tradisional berbeda dari arsitektur Nusantara.

Tatanan yang paling gampang dipahami, pengetahuan arsitektur Nusantara adalah pengetahuan yang tidak dicakup oleh pengetahuan arsitektur tradisional. Pengetahuan arsitektur Nusantara, iklim dan gegografi menjadi titik berangkat penjelajahannya, bukan manusia dan kebudayaannya; dalam pengetahuan arsitektur Nusantara, bangunan menjadi pusat perhatian arsitektur, bukan sekadar keterangan mengenai salah satu obyek kebudayaan.

Dalam pengetahuan arsitektur Nusantara, tugas arsitek dan peneliti adalah membaca arsitektur dan melakukan pemeriksaan bacaannya dengan menggunakan pengetahuan kebudayaan sebagai alat uji atau alat kesahihannya. Sederhana saja, isi dan cakupan dari pengetahuan arsitektur Nusantara adalah apa saja yang tidak digeluti oleh pengetahuan arsitektur tradisional.

DETAIL BUKU

  • Bahasa Teks Buku     : Bahasa Indonesia
  • Cetakan                        : 1, Tahun 2018
  • Jumlah Halaman        : viii + 252 Halaman
  • Ukuran                          :  20 x 21 cm
  • ISBN                               : 978-602-8114-55-4
  • Berat                              : 0,8 kg

PEMESANAN

  • Harga buku   : Rp. 125.000
  • Biaya ongkir  : dapat dicek melalui link di bawah ini dengan mencantumkan kota asal (Surabaya), kota tujuan dan berat buku. Untuk Kantor pos ditambah dengan ukuran dan harga buku.

                    

  • Pembayaran : transfer harga buku dan ongkir ke rekening BCA, cabang Mulyosari, no rek 3890388051, atas nama Josephine. atau Bank Mandiri cabang ITS no rek 141-00-1212274-3, atas nama Josephine. Bukti pembayaran diunggah melalui form di bawah ini.