PEMESANAN BUKU: Tipe dan Tata Masa Arsitektur Sasak di Pulau Lombok

by

TATA DAN TIPE MASA ARSITEKTUR SASAK DI PULAU LOMBOK

Penulis : Gatot Adi Susilo, B. Sri Umniati, Putri Herlia P.

Tata dan tpe masa arsitektur Sasak di Pulau Lombok mengungkapkan pengalaman penjelajahan arsitektur di enam lokasi rumah adat Sasak di Pulau Lombok. Pola persebaran berbagai tipe bangunan arsitektur Sasak dan bagaimana arsitektur Sasak memposisikan diri terhadap lahan berkontur dan lahan yang rata adalah pokok bahasan dari buku ini.

Pada masyarakat Sasak dengan karakteristik arsitektur yang berkembang dan diturunkan secara turun menurun, godaan berasitektur modern dan meninggalkan tradisi pun akhirnya datang juga. Pada akhirnya, bangunan yang lebih modern diratakan dengan tanah oleh gempa berkekuatan 7 skala Ricther yang terjadi pada tahun 2018. Sementara itu, rumah tradisional Sasak yang masih taat pada tatanannya tetap kokoh berdiri. Hal ini cukup membuktikan bahwa arsitektur Sasak memiliki ketanggapan terhadap potensi dan permasalahan kearifan lokal tempat berdirinya arsitektur.

Buku ini perlu dibaca oleh mereka yang menaruh minat pada pengetahuan arsitektur nusantara pada umumnya dan khususnya arsitektur Sasak, arsitek yang berminat memperdalam pengetahuan dalam kearifan lokal arsitektur, dan tak lupa pula untuk penentu kebijakan di Pulau Lombok agar dapat lebih memahami tradisi berarsitektur masyarakatnya dan menjiwai alasan dibalik tampilan arsitektur Sasak yang khas.

DETAIL BUKU

  • Bahasa Teks Buku   : Bahasa Indonesia
  • Cetakan                        : 1, Tahun 2020
  • Jumlah Halaman       : viii + 166 halaman
  • Ukuran                          : 20 X 27 cm
  • ISBN                               : 978-602-6854-42-1

PEMESANAN

  • Harga buku   : Rp. 100.000,- sudah termasuk ongkir

Pembayaran : transfer harga buku dan ongkir ke rekening Bank BNI Malang no. 0151629989 an.Gatot Adi Susilo. Bukti pembayaran diunggah melalui form di bawah ini.